Minggu, 05 April 2015

12 Destinasi Wisata di Kabupaten Kebumen

12 Destinasi Wisata di Kebumen yang Wajib Kamu Sambangi


1. Saat menjelajah ke Pantai Menganti, kamu tak akan mengira bahwa Jawa Tengah punya pantai seindah ini.

Pantai Menganti
Pantai Menganti
Berbatasan dengan pesisir pantai Selatan membuat Kebumen dianugerahi dengan sejumlah pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Menganti yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, sekitar 1,5 jam dari pusat kota Kebumen. Pantai ini memang belum setenar Pantai Logending (Pantai Ayah) atau Pantai Karang Bolong karena aksesnya yang cukup sulit.
Meski aksesnya cukup sulit, pemandangan pantai ini jelas gak kamu temukan di pantai-pantai lainnya. Dengan dikelilingi perbukitan dan tebing nan hijau, pantai berpasir putih ini jadi tampak seperti sebuah tempat di Selandia Baru ala iklim tropis. Selain menikmati pantai yang memukau dan belum banyak dijamah wisatawan, kamu juga bisa menikmati makanan laut hasil tangkapan nelayan setempat.


2. Di Pantai Karang Agung, ombak saling bersusul. Angin membelai nyiur.

Pantai Karang Agung
Pantai Karang Agung via 
Mengunjungi Pantai Karang Agung seakan mengingatkanmu pada Tanah Lot di Pulau Dewata. Bagaimana tidak? Bebatuan karang menjulang, menghamparkan lanskap yang menarik. Ombak pantai selatan pun bersusulan dipecah karang.
Pantai yang dikeramatkan oleh warga setempat ini memang tersembunyi di balik deretan perbukitan karst Gombong Selatan. Untuk sampai ke pantai yang sunyi ini, kamu perlu melewati jalan setapak selama sekitar setengah jam dari Desa Argopeni, Kecamatan Ayah.


3. Tak kekurangan obyek wisata pantai, Kebumen juga memiliki Pantai Pecaron.

Pantai Pecaron
Pantai Pecaron via 
Masih berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Ayah, ada satu lagi pantai tersembunyi yang layak kamu datangi, yaitu Pantai Pecaron yang terletak di sebelah timur Pantai Menganti. Untuk sampai ke pantai ini, kamu mesti melalui bukit yang terjal. Akses jalan ke pantai ini pun masih kurang bagus karena baru dibuka. Tapi, selepas itu kamu akan menemukan pantai yang indah tapi sunyi, hanya suara debur ombak yang bersahut-sahutan memecah keheningan.


4. Jika kamu berani, sapalah para pemanen sarang walet di goa Pantai Karangbolong.

Para pengunduh walet.
Para pengunduh walet.
Ada satu lagi pantai cantik yang terletak di Desa Karangbolong, Kecamatan Buayan, yang bernama Pantai Karangbolong. Pantai ini cukup tenar, sehingga ramai didatangi wisatawan. Yang menarik, di pantai ini terdapat sebuah goa yang menjadi tempat walet-walet membuat sarang. Sarang walet ini adalah salah satu penyumbang pendapatan terbesar Kabupaten Kebumen. Itulah mengapa kabupaten ini menggunakan walet sebagai simbolnya.
Karena medannya sulit dan berbahaya, wisatawan biasa tentu tidak bisa memasuki goa walet ini sembarangan. Penduduk setempat yang hendak memanen walet bahkan mengadakan tradisi ngunduh sarang walet agar diberi keselamatan. Tapi, kalau kamu ingin melihat proses memanen walet, di sini juga ada goa walet tiruan yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang itu.


5. Jamahi keelokan stalagtit dan stalagmit Goa Barat. Musik latarmu adalah air terjun yang mengalir dengan lepas.

Air terjun Superman's Big Sister di Goa Barat.
Air terjun Superman’s Big Sister di Goa Barat.
Kawasan Karst Gombong Selatan menyembunyikan keelokan yang lebih dari sekadar pantai. Cobalah telusuri kegelapan dalam perut bumi di Goa Barat dan temukan keagungan ciptaan-Nya. Oleh warga setempat, kamu akan dipandu menjamahi keelokan stalagtit dan stalagmit dalam goa, dengan gemuruh suara sejumlah air terjun sebagai latarnya. Kurang lebih tiga jam menyusuri goa, kamu akan menemukan keelokan air terjun yang dinamai Superman’s Big Sister.
Goa Barat berada tak seberapa jauh dari Goa Jatijajar yang terkenal itu, tepatnya di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Kamu bisa menjelajah goa ditemani pemandu plus peralatan caving yang lengkap dengan membayar Rp 180.000 per rombongan.


6. Sedikit lebih jauh menjelajah, kamu akan menemukan Curug Silancur yang beralas bebatuan purba.

Curug Silancur
Curug Silancur
Heningnya suasana Dusun Pujegan, Desa Wadasmalang, Karangsambung, tak mengaburkan potensi wisatanya. Adalah Curug Silancur, air terjun yang terpencil kini menjadi salah satu daya tarik desa tersebut. Curug ini tingginya mencapai 20 meter lebih dan jatuh ke batuan purba di bawahnya, sehingga tidak membentuk kolam.
Untuk mencapai air terjun ini, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh 35 km dari Kebumen, lalu berjalan kurang lebih 20 menit dari tempat parkir kendaraan ke dasar jurang.


7. Kamu yang hobi mendaki tak akan berkecil hati. Agungnya Samudera Hindia bisa kamu pandangi dari puncak Gunung Duwur.

Pemandangan samudera Hindia dari puncak Gunung Duwur
Pemandangan samudera Hindia dari puncak Gunung Duwur
Buat kamu yang hobi trekking ke puncak gunung, gak ada salahnya mencoba muncak ke atas Gunung Duwur. Terletak di Desa Watukelir, kecamatan Ayah, gunung ini tingginya memang hanya 500 mdpl. Tapi, luasnya Samudera Hindia yang terhampar di bagian selatan tampak istimewa, dihiasi dengan pembatas berupa garis pantai dan cakrawala.
Untuk sampai ke puncaknya, setidaknya kamu perlu trekking selama satu jam melalui medan tanah berbatu. Karena belum ada jalur pendakian resmi, harap berhati-hati dan tinggalkan tanda sebagai penunjuk saat kamu pulang nanti.


8. Sementara dari atas Bukit Pranji, kamu bisa menikmati pemandangan bintang-bintang dengan Kebumen sebagai latarnya.

Pemandangan dari bukit Pranji
Pemandangan dari bukit Pranji m
Bukit Pranji yang terletak di Desa Watulawang dan Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagoan, ini menjadi salah satu tempat favorit muda-mudi untuk menikmati pemandangan kota Kebumen dari ketinggian. Sebagian pengunjung bahkan sengaja bermalam untuk menyaksikan bintang-bintang serta pendar cahaya lampu kota sambil menanti fajar menyingsing di ufuk timur. Ya, tempat ini memang sempurna untuk menyambut sunrise. Jika langit bersih, kamu bisa melihat gunung Sindoro dan Sumbing berdiri gagah di kejauhan.


9. Menangkap semilir angin di Waduk Sempor.

Panorama waduk Sempor
Panorama waduk Sempor
Kabupaten Kebumen memiliki dua waduk yang layak untuk kamu jelajahi, salah satunya adalah Waduk Sempor yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor. Birunya langit memantul dari permukaan waduk yang dikelilingi perbukitan hijau—pemandangan yang bikin perasaan kamu terasa teduh, apalagi dengan semilir angin yang meniup tengkukmu. Kalau mau berkeliling waduk, kamu bisa menaiki perahu motor yang disewakan.


10. Buat kamu yang gemar menguji keberanian, tantang nyalimu untuk berarung jeram di Padegolan.

Arung jeram Padegolan
Arung jeram Padegolan
Kalau kamu ingin memacu adrenalin di Kebumen, jajal aja wisata arung jeram di Padegolan. Sungai Padegolan merupakan sungai limpahan air di bawah Bendungan Waduk Wadaslintang, Kecamatan Prembun. Titik start dimulai dari Desa Sendang Dalem dan berakhir di Bendungan Pejengkolan. Karena berasal dari waduk, air sungai ini sangat jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan pepohonan di kiri-kanan sungai bikin trek ini terasa cepat berlalu.


11. Kebumen memang memiliki pesona bagi siapa saja, termasuk kamu yang pecinta sejarah. Kehausanmu akan ilmu terobati dengan mengunjungi Benteng Van der Wijck.

Benteng Van der Wijck
Benteng Van der Wijck
Benteng Van der Wijck masih berdiri kokoh di Kecamatan Gombong, 35 km dari pusat kota Kebumen. Benteng berwarna merah ini terlihat mencolok dibanding bangunan kuno di sekelilingnya. Bangunan ini mulanya didirikan sebagai barak militer untuk meredam perlawanan pasukan Diponegoro.
Kini, sebagian kompleks benteng dijadikan Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD. Sementara bagian lainnya dimanfaatkan sebagai obyek wisata, lengkap dengan taman bermain dan kereta mini. Kalau kamu pernah nonton film The Raid 2:Berandal, kamu bakal terasa familiar dengan bangunan ini karena adegan tawuran di lapangan penjara itu syitung di sini, lho.



12. Kamu suka geologi atau lagi terkena demam cincin batu akik? Cagar Alam Geologi Karangsambung Kebumen akan memuaskan rasa ingin tahumu.

Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung
Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung
Mencari tahu sejarah bumi lewat batu-batuan? Kebumen punya tempatnya, tepatnya di Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, Kebumen. Tempat ini adalah titik dengan jenis batuan terlengkap di muka bumi, sehingga dijadikan sebagai tempat untuk meneliti sejarah perkembangan bumi.
Selain mempelajari bebatuan, kamu juga bisa membeli batu-batu perhiasan atau akik yang bersumber dari Sungai Luk Ulo. Batu-batu ini telah diolah menjadi cindera mata oleh perajin batu akik yang merupakan salah satu profesi warga setempat. Yang jelas, menjelajahi salah satu tempat langka di dunia ini bakal menjadi pengalaman yang menarik.

1 komentar:

  1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
    Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai kebali , namun tidak satupun berhasil, niat mendapat uangdengan jalan pintas namun yang ada malah kehabisan uang hingga puluhan juta, suatu hari saya sedang isengbuka-buka internet dan menemukan website dari ustad hakim, sebenarnya sayaragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 2M yang saya tunggu-tunggu tdk mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini sayasu dahmelunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 pasti akan di bantu, atau buka websitenya agar lebih di mengerti
    http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id/

    BalasHapus