Kamis, 05 Juli 2012

BEBERAPA TEHNIK SILAT

tekniksilat1
Tendangan Depan-Busur
Tendangan merupakan teknik silat yang menggunakan kaki untuk mengenai sasaran lawan. Tendangan yang paling mudah yang biasa diajarkan kepada pemula adalah tendangan depan. Tendangan ini menggunakan sentakan lutut kearah depan dengan menggunakan telapak kaki dan punggung kaki dengan sasaran ke arah kemaluan, ulu hati/perut dan sasaran atas (dagu lawan).
Tendangan depan memiliki nama yang bermacam-macam di dunia bela diri seperti sepak,  gejlik, tendangan A, ikan terbang menjulang ke angkasa, mae geri, Ap chagi, zheng titui dll. Meski mudah dilakukan namun tendangan ini harus dipelajari sungguh-sungguh agar dapat efektif dan tidak menimbulkan cedera.  Kekuatan kaki penopang, kelenturan pinggang, keseimbangan dan timing yang tepat merupakan dasar setiap tendangan yang harus dipatuhi. Berikut ini saran kami  terkait dengan prinsip  melakukan tendangan depan-busur:
tendangandepan1
1. Lakukan pemanasan
2. Kaki yang menendang membentuk posisi sudut 90 derajad.
3. Dari posisi kaki ditekuk ke arah perut (sudut 90 derajad) , kaki dilontarkan dengan lintasan berbentuk busur ke arah  sasaran yang diinginkan.
4. Pada saat menendang perhatikan pula gerakan pinggang, keseimbangan tubuh dan sudut dari telapak kaki penopang. Sudut yang tepat biasanya membentuk sudut 45 derajad (gambar b). Jika kurang dari 45 derajad atau lebih akan berakibat tendangan kurang efektif bahkan berakibat terhadap hilangnya keseimbangan tubuh.
Klik Video

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar