Selasa, 10 Juli 2012

LEMBAGA PENDIDIKAN MA'ARIF NU KEBUMEN

Seminar Pendidikan

21 06 2009
Lembaga Pendidikan Ma’arif Nu kebumen bekerjasama dengan Dinas Dikpora dan Depag Kebumen menyelenggarakan Seminar Sehari dengan Tema “Menguak Konsep Dasar Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia”, Diundang sebagai Keynote Speaker Dirjen Ketenagaan Dikti, Prof. Dr. Mukhlas Tsamani, M. Pd. dari jakarta dan sebagai pembanding Darmaningtyas (Pakar pendidikan).
Seminar dilaksanakan di Hotel Grafika Gombong Kebumen pada 23 Juni 2009.
Tempat Pendaftaran di LP. Ma’arif Nu Kab. Kebumen Jl. Kusuma 96 Kebumen.




Merapatkan Barisan, Mengawal Mutu Pendidikan

19 05 2009 Rapat rutin bulanan Pengurus Cabang LP. Ma’arif menghasilkan beberapa keputusan, di antaranya yaitu:
1. Semua sekolah yang menggunakan nama ma’arif di Kabupaten Kebumen, harus berkomitmen dan berkontribusi untuk Ma’arif NU Kebumen. Sebagai kompensasinya LP. Ma’arif akan menjadi mediator bagi tersalurkannya bantuan-bantuan, fasilitasi media di iternet, SK-SK guru dan kepala sekolah dan kebijakan lain.
2. Semua pengurus, harus berkomitmen untuk memperbaiki mutu pendidikan di lingkungan ma’arif Kebumen, tanpa kompromi.
3. Sekolah-sekolah yang berada di lingkungan LP. Ma’arif wajib menuju ke puncak tertinggi kualitas pendidikan di Indonesia. Sebagai bukti, SMK Ma’arif 01 Kebumen telah menjadi memperoleh status Rintisan Sekolah Berstandar Nasional (RSBI). Dengan jaminan manajemen mutu ISO 2000-2001
dari PT TUV Jerman.
4. Mengundang pihak yang berkompeten terhadap peningkatan mutu pendidikan dalam sebuah seminar di Kebumen yang akan menjadi wacana baru bagi guru-guru di lingkungan ma’arif Kebumen. Dalam hal ini diputuskan Seminar Pendidikan kerjasama dengan Dikpora dan Depag Kebumen pada 23 Juni 2009 di Hotel Grafik Gombong dengan mengundang pembicara Fasli Jalal, Ph. D,
5. Optimalisasi media komunikasi antar pengurus, sekolah-sekolah di LP. Ma’arif dengan fasilitas internet, membuat website untuk sekolah, dan penguatan database.
6. Penataan keuangan di LP. Ma’arif.
Rapat ditutup dengan bacaan hamdalah, dan komitmen yang tertanam dalam sanubari seluruh pengurus LP. Ma’arif untuk bekerja secara maksimal, perjuangan dalam dalam perbaikan kuaitas pendidikan
adalah jihad akbar.

Tentang Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Kebumen

Lembaga Pendidikan Ma’arif NU adalah lembaga yang bergerak dalam pendidikan di bawah organisasi terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU). Lembaga ini memiliki tingkatan hirarkis, dari pusat sama daerah. Di tingkat pusat organisasinya bernama Pengurus Besar (PB), di tingkat propinsi dinamakan Pengurus Wilayah (PW) dan di tingkat kabupaten disebut Pengurus Cabang (PC).
Situs yang sedang anda baca ini adalah situs yang diterbitkan oleh Pengurus Cabang Ma’arif tingkat Kabupaten Kebumen. Kebumen adalah salah satu kota di bagian selatan barat Jawa Tengah. Susunan Pengurus ini terdiri dari :
Ketua                               : Imam Satibi, M. Pd. I
Wakil                               : Drs. Masykur Salim
Wakil                               : Heru Sutoto, SH, MH.
Sekretaris                      : Drs. Muhadi
Wakil                               : Mustolih, M. Pd. I
Bendahara                    : Drs. Muhtar Syaifudin, M. Ag.
Bidang Kelembagaan    :  Suratno, MH.
Bidang Kurikulum         :  HM. Slamet Yahya, M. Ag.
Bidang Sarpras                : Drs. M. Priyono, MM.Pd.
Bidang PLS                        : Sri Rahayu, Retnowati, S. Ag.
Bidang Personalia          : Drs. Fatnam

SMK Ma’arif 1 NU Kebumen Raih ISO

3 Februari 2007 | 03:12Diterbitkan oleh: Ayi Fahmi
Kebumen (GP-Ansor): Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 1 Kebumen di Jalan Kusuma 75 patut berbangga. Sebab, sekolah itu menjadi SMK swasta Islam pertama yang mampu meraih Sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2000.
Penyerahan sertifikat dilakukan Rabu (31/1) lalu di halaman SMK itu bersamaan dengan peringatan Harlah Ke-81 NU. Sertifikat diserahkan Manajer Senior PT TUV International Jakarta Trisomo kepada Kepala SMK Ma’arif 1 Drs Khomsin MPd.
Hadir pada acara tersebut Ketua PWNU Jateng Drs HM Adnan MA, Bupati Kebumen Dra Hj Rustriningsih MSi, Wakil Bupati KH M Nashiruddin AM, Kapolres AKBP Drs Firli MSi, serta Rais Syuriah PCNU KH Wahib Mahfudz.
Kepala SMK Ma’arif 1 Khomsin menyatakan, sekolahnya kini memiliki 1.442 siswa yang terbagi menjadi 36 rombongan belajar. Jumlah pengajar 56 guru, dengan 32 karyawan serta 9 pengurus Komite Sekolah. Bangunan sekolah menempati lahan 3.214 meter persegi, terdiri 24 ruang teori, 6 ruang praktik, 6 ruang kantor dan 1 perpustakaan.
Kata Khomsin, sekolah itu berdiri 17 tahun lalu. Saat ini memiliki sebuah pemancar pesawat tv, dapur rekaman dan pemancar radio FM. ”Karena keterbatasan dana, sampai sekarang siaran kami belum optimal,” tandas dia.
Menyinggung praktik belajar mengajar, selama ini pihaknya menerapkan disiplin dan mengedepankan akidah dengan memberikan tambahan pelajaran agama sebanyak empat jam setiap minggu.
Dia mengakui, keberhasilannya meraih sertifikat SMM ISO berkat kerja keras dan komitmen semua pihak, sesuai dengan tuntutan wali murid, dunia usaha, dunia industri serta pemerintah. SMM tersebut diberlakukan di sekolahnya sejak Maret 2006 dan pada Desember tahun lalu dilakukan preaudit dan audit.
Pihaknya bertekad senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan dan proses pembelajaran. Saat ini SMK Ma’arif 1 Kebumen memilikii empat program keahlian, yaitu Teknik Mekanik Otomotif, Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri dan Teknik Multimedia.
Wakil Bupati KH Nashiruddin mengingatkan, diraihnya SMM ISO 9001:2000 hendaknya diikuti komitmen tetap menjaga mutu dan terus meningkatkan kemampuan teknologi.
Menurutnya, diraihnya sertifikat SMM menjadi salah satu bukti bahwa lembaga pendidikan yang dikelola NU bisa berprestasi. Ia berpesan agar prestasi itu terus dipertahankan dan ditingkatkan, karena ada evaluasi setiap tahun. (sm/wg)

1 komentar:

  1. Share tautan Ngaji Pasanan 1435 H oleh Rois 'Am KH. A.Mustofa Bisri dalam live streaming di Http://pondokleteh.blogspot.com terimakasih

    BalasHapus